Grey Agenda, Press Release, Updates

ILUNI FEB UI dan Bahana TCW Resmi Luncurkan Reksa Dana Bahana Money Market Endowment Fund

JAKARTA – (24/1/2024) Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (ILUNI FEB UI), bekerja sama dengan Bahana TCW, resmi meluncurkan Reksa Dana Bahana Money Market Endowment Fund melalui penyelenggaraaan gala dinner yang berlangsung di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jakarta, pada Rabu (24/1).


Acara ini dihadiri oleh alumni FEB UI lintas angkatan yang berkomitmen untuk bersama-sama berkontribusi mengembangkan endowment fund melalui investasi pada Reksa Dana Money Market Endowment Fund yang menawarakan beragam skema alokasi investasi dan imbal hasil. Program ini diharapkan dapat menjadi wadah partisipasi berkelanjutan alumni FEB UI untuk mendukung program sosial ILUNI FEB UI, terutama program beasiswa ILUNI FEB UI.

Demi menambah semangat alumni FEB UI untuk berinvestasi pada Reksa Dana Money Market Endowment Fund ini, sebelumnya ILUNI FEB UI telah membuka sebuah kompetisi Endowment Fund Challenge bagi alumni FEB UI di setiap angkatan untuk berlomba-lomba berpartisipasi dalam Reksadana Money Market Endowment Fund yang berlangsung sejak 17 Januari 2024 hingga 17 Mei 2024. Angkatan dengan poin partisipasi tertinggi akan dipilih sebagai pemenang dan akan diberikan hadiah berupa fasilitasi penyelenggaraan gathering angkatan dan pemberian apresiasi piala bergilir.

Tidak hanya diperuntukkan bagi alumni FEB UI, masyarakat luas pun dapat turut berinvestasi pada produk Reksa Dana Money Market Endowment Fund sebagai salah satu solusi pengelolaan likuiditas yang tetap menawarkan imbal hasil optimal karena dana akan diinvestasikan pada mayoritas instrumen deposito dengan volatilitas yang rendah. Selain mendapatkan imbal hasil investasi secara finansial, investor Reksa Dana Money Market Endowment Fund juga dapat mewujudkan prinsip responsible investment karena sebagian imbal hasil maupun sharing management fee akan digunakan untuk membantu program-program sosial ILUNI FEB UI, termasuk program Beasiswa ILUNI FEB UI.

Ketua Umum ILUNI FEB UI, Alexandra Askandar menyampaikan bahwa tonggak pencapaian endowment fund ILUNI FEB UI, dimulai dari tahun 2007 yaitu Yayasan Bhakti ILUNI FEB UI, dan pembentukan Reksa Dana Endowment Fund Makara Prima. Kemudian, 2016 terdiri dari Makara Prima Challenge, pembentukan Reksa Dana Terproteksi Sponsorship Fund dengan Treasury BCA. Selanjutnya, tahun 2023 berupa penyerahan Endowment Fund dari Yayasan Dana Abadi ILUNI FE ke Yayasan Bhakti ILUNI FEB UI. Terakhir, tahun 2024 dilakukannya pembentukan atau peluncuran Reksa Dana Bahana Money Market Endowment Fund.

Tahun ini, Bahana TCW bekerja sama dengan ILUNI FEB UI meluncurkan program baru Reksa Dana Bahana Money Market Endowment Fund dengan logo yang melambangkan tangan-tangan yang bahu-membahu untuk saling berkontribusi bagi almamater UI dan FEB UI. Logo tersebut terdiri dari 4 warna, yaitu (1) Pink bermakna happiness; (2) Hijau bermakna berkualitas baik; (3) Biru bermakna terpercaya; (4) Kuning bermakna energi & semangat berkontribusi.

“Melalui program ini, kita ingin lebih banyak mahasiswa pra-sejahtera di UI, FEB UI, maupun Non-UI dapat terbantu menyelesaikan masa studi nya hingga lulus di universitas masing-masing dengan diberikan beasiswa pendidikan. Mari teman-teman alumni FEB UI ikut berkontribusi, berinvestasi minimal Rp100.000 di Reksa Dana Bahana Money Market Endowment Fund melalui link: ilunifebui.org/efchallenge selama periode 17 Januari hingga 17 Mei 2024,” tutur Alexandra.

Direktur Investasi Bahana TCW, Doni Firdaus menjelaskan bahwa Bahana TCW merupakan anak perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Indonesia Financial Group (IFG) dan Perusahaan Manajer Investasi Global dari Los Angeles, Amerika Serikat, Trust Company of the West (TCW).

Sebagai perusahaan joint venture, kami memperkaya kemampuan investasi dan keahlian produk dari TCW dan menggabungkan koneksi pasar keuangan yang kuat, manajemen risiko dan ketaatan dari IFG Group. Kami secara berkala menerima perkembangan produk dan tren investasi dari TCW.

“Saat ini, Bahana TCW meluncurkan program Reksa Dana Bahana Money Market Endowment Fund untuk mendukung program-program sosial ILUNI FEB UI terutama beasiswa pendidikan bagi yang membutuhkan. Program ini memiliki manfaat bahwa setiap kenaikan dana kelolaan 12 miliar bisa memberikan kontribusi sebesar 2,5 juta rupiah per bulan, yang berarti Anda telah memberikan masa depan kepada 2 anak dalam bentuk beasiswa,” ungkap Doni.

Dekan FEB UI, Teguh Dartanto menyambut gembira dengan adanya program Reksa Dana Bahana Money Market Endowment Fund. Hal ini bisa mendukung mahasiswa FEB UI yang kurang mampu untuk tetap tenang dalam berkuliah. Teguh sangat bangga dan mendukung program ini.

Teguh melanjutkan, ILUNI FEB UI sebagai stakeholder utama bagi perkembangan & kemajuan kampus FEB UI. Selain itu, wadah antar angkatan untuk berkolaborasi memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas, unggul, dan bisa diakses oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI). “Saya berharap bahwa teman-teman alumni FEB UI tetap terus menyisihkan investasinya ke FEB UI, ibarat berinvestasi sambil beramal,” tutup Teguh.

 

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x