Siapakah yang jadi Ketua Umum ILUNI FEB UI Selanjutnya?

Ayo sukseskan Pemilihan Raya ILUNI FEB UI

Tentang Pemilihan Raya ILUNI FEB UI

Dalam rangka kelangsungan kegiatan keluarga besar Alumni FEB UI yang tergabung dalam ILUNI (Ikatan Alumni) FEB UI (Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia) sekaligus untuk regenerasi dan peningkatan pengabdian pada Almamater, Bangsa dan Negara serta kemanusiaan maka pada tanggal 3-4 Desember 2021 akan diselenggarakan Pemilihan Raya  Ketua Umum ILUNI FEB UI (PEMIRA) untuk periode 3 (tiga) tahun mendatang (2022-2024).

PEMIRA dilaksanakan sebagai bagian/tahapan dari Musyawarah Besar ILUNI FEB UI 2021 (MUBES) yang akan diselenggarakan pada 5 Desember 2021 dihadiri oleh perwakilan alumni baik secara fisik dan/atau virtual dengan mengedepankan azas musyawarah untuk mufakat. 

MUBES diselenggarakan dalam rangka penyampaian pertanggung-jawaban kegiatan ILUNI FEB UI periode kepengurusan 2019-2021 dengan Ketua Umum Ibu Destry Damayanti dan pengesahan hasil PEMIRA 2021. 

 

Landasan Pelaksanaan Kegiatan PEMIRA & MUBES

  1. ILUNI FEB UI tidak berbentuk Badan Hukum, tapi bersifat Perkumpulan (Paguyuban).
  2. PEMIRA dilaksanakan oleh Keluarga Besar Alumni FEB UI yang terdiri dari alumni program S1 FEB UI (Reguler, Ekstensi, Paralel, KKI), program Magister FEB UI (Maksi, PPAK, MM, MPKP, MEKK), program Pasca Sarjana FEB UI (S2, S3) dan program D3 FEB UI.
  3. Mekanisme PEMIRA diharapkan dapat memenuhi aspirasi dan suara para alumni FEB UI dengan mengedepankan azas musyawarah untuk mufakat, dimanapun keberadaannya dan berbagai zona waktu.

Tata Tertib PEMIRA & MUBES

  1. PEMIRA & MUBES ILUNI FEB UI 2021 terbuka bagi seluruh keluarga besar Alumni FEB UI dengan terlebih dahulu telah mendaftarkan diri sebagai peserta pada Alumni FEB UI Hub (ilunifebui.org/hub).
  2. Peserta PEMIRA & MUBES adalah alumni yang terdaftar di Alumni FEB UI Hub paling lambat tanggal 24 November 2021 (pukul 23.59 WIB) dan menerima verifikasi paling lambat tanggal 27 November 2021.
  3. Jika alumni mendaftar setelah tanggal 24 November (berdasarkan time stamp di Alumni FEB UI Hub) maka alumni tersebut tidak akan terdaftar menjadi PEMILIH.
  4. Bakal Calon Ketua Umum ILUNI FEB UI (BALON KETUM) harus mendaftarkan diri sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
  5. BALON KETUM yang lolos uji kelayakan dan kepatutan (Fit & Proper Test) oleh Steering Committee akan menjadi Calon Ketua Umum ILUNI FEB UI (CAKETUM)
  6. Masa kampanye CAKETUM dimulai dari tanggal 22 s.d 30 November 2021.
  7. CAKETUM dilarang berkampanye dan/atau mengirim materi kampanye selama masa tenang (29 November s.d 2 Desember 2021). Pelanggaran akan menyebabkan diskualifikasi. 
  8. Apabila CAKETUM lebih dari 1 orang, maka akan dilakukan prosedur Electronic Voting (eVote) pada tanggal 3 Desember pukul 12.00 WIB s.d 4 Desember 2021 pukul 23.59 WIB.
  9. Hasil PEMIRA akan disahkan pada saat MUBES tanggal 5 Desember 2021.
  10. CAKETUM wajib hadir pada acara MUBES.
  11. Setiap alumni hanya dapat melakukan voting 1 kali, berdasarkan IP address yang sudah tercatat pada eVote. Jika alumni sudah vote kemudian log out dan login kembali ke dalam Alumni FEB UI Hub, maka alumni tersebut tidak dapat melakukan voting lagi.
  12. Sehubungan dengan kondisi pandemi, jumlah peserta yang hadir secara fisik di MUBES pada tanggal 5 Desember 2021 dibatasi maksimal 30 orang dengan membawa hasil tes antigen 1×24 jam sebelumnya.

Prosedur Pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum ILUNI FEB UI

  1. Pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum ILUNI FEB UI dimulai pada tanggal 25 Oktober s.d tanggal 15 November 2021, jam 17.00 WIB.
  2. Mengisi, menandatangani, dan mengunggah Surat Pernyataan Pencalonan Ketua Umum ILUNI FEB UI (Form A) secara lengkap yang telah ditandatangani secara digital.
  3. Melengkapi Formulir Dukungan Bakal Calon Ketua Umum ILUNI FEB UI (Form B) dalam bentuk GoogleForm dilengkapi dengan selfie dengan KTP.
  4. Menyertakan biodata dan pernyataan Visi, Misi & Program sebagai Bakal Calon Ketua Umum ILUNI FEB UI.
  5. Mengunggah semua dokumen persyaratan diatas melalui Alumni FEB UI Hub.

Kriteria Bakal Calon Ketua Umum ILUNI FEB UI 2022-2024:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berijasah S1 Reguler Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) – d/h Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI)
  3. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  4. Cakap, Jujur, Amanah, Berintegritas
  5. Tidak pernah menjadi terpidana
  6. Tidak menjadi anggota partai politik dan/atau afiliasinya
  7. Tidak terkait dan bukan anggota Organisasi terlarang berdasarkan ketetapan Pemerintah
  8. Mempunyai pengalaman kerja minimal 15 tahun
  9. Mempunyai pengalaman berorganisasi
  10. Mempunyai pengalaman di kepengurusan dan/atau kegiatan ILUNI FEB UI
  11. Mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan pencalonan Ketua Umum ILUNI FEB UI.
  12. Dicalonkan dan didukung oleh minimal 200 orang Alumni lulusan FEB UI (d/h FE UI) dengan bukti selfie dengan KTP oleh para pendukung di GoogleForm Formulir Dukungan Bakal Calon Ketua Umum ILUNI FEB UI (Form B)  dan masing-masing Alumni pendukung tidak diperkenankan mendukung lebih dari 1 (satu) Calon Ketua Umum.
  13. Pendukung Bakal Calon Ketua Umum ILUNI FEB UI sebagaimana poin 12 tersebut diatas terdiri dari minimal 3 (tiga) Departemen S1 Reguler yaitu Ilmu Ekonomi (d/h Studi Pembangunan), Akuntansi dan Manajemen dengan masing-masing Departemen sebanyak minimal 20 Alumni.
  14. Bersedia menanda-tangani Pakta Integritas.

Linimasa PEMIRA & MUBES ILUNI FEB UI

25 Oct-15 Nov 2021

Pendaftaran Bakal Calon Ketum ILUNI FEB UI

18-19 Nov
2021

Fit & Proper Test Bakal Calon Ketua
ILUNI FEB UI

22 Nov
2021

Pengumuman Calon Ketum ILUNI FEB UI

24 Nov
2021

Batas Akhir Pendaftaran Pemilih

27 Nov
2021

DPT (Daftar Pemilih Tetap) disahkan oleh Organizing Committee

28 Nov
2021

Pemaparan Visi Misi & Program dan sesi Debat Calon Ketum ILUNI FEB UI

1-2 Des
2021

Masa Tenang

3-4 Des
2021

Hari Pemilihan (Voting Day)

5 Des
2021

MUBES
ILUNI FEB UI

Pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum ILUNI FEB UI dibuka

lagi