News

UI Ultra: Lomba Ultra Marathon Pertama di UI

Jakarta (20/2/2020) Dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Indonesia ke 70 dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia yang ke-70 juga di tahun 2020 ini, maka FEUI Runners, komunitas pecinta olahraga lari yang berada di dalam kepengurusan Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (ILUNI FEB UI) menggagas sebuah lomba lari ultra marathon berjarak 70 kilometer ( 70 km) di Kampus Universitas Indonesia (UI)– Depok. UI Ultra 2020 ini adalah lomba lari marathon yang baru pertama kali diadakan di Kampus UI – Depok yang asri dan akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 April 2020 mendatang.

“Belakangan ini, lomba lari dengan jarak tempuh lebih jauh dari lari maraton (42.165 km) atau yang biasa dikenal dengan ultra marathon kian populer di Tanah Air dan juga di komunitas lari alumni Universitas Indonesia (UI). Hal inilah yang menjadi awal dari tercetusnya UI Ultra 2020.” ujar Anthony Reza, Ketua Pelaksana UI Ultra 2020.

UI Ultra 2020 mengajak para pelari untuk menikmati rute yang steril dan nyaman dalam menempuh jarak 70 km yang akan dilakukan secara looping atau berputar, di mana satu putaran akan berjarak 7 km.

Selain dari jaraknya, UI Ultra 2020 juga menawarkan keunikan tersendiri karena lomba lari akan dimulai di malam hari tanggal 18 April 2020 dan selesai di pagi hari tanggal 19 April 2020 dengan batas waktu 12 jam. Kemudian, peserta dapat memilih untuk menempuh jarak 70 km secara individu atau beregu secara relay dengan tim terdiri dari 2 orang, 5 orang, atau 10 orang.

“Kategori relay kami adakan agar lebih banyak lagi pelari yang bisa ikut serta dalam lomba ini karena bisa menempuh jarak mulai dari 7 km, 14 km, 35 km sampai 70 km.” jelas Reza.

“Selain itu, hal ini diharapkan juga dapat memperkuat kebersamaan dan kekompakkan para pelari, baik dari komunitas umum atau terutama dari komunitas alumni Universitas Indonesia. Kami mengharapkan komunitas pelari dari berbagai Fakultas dan program studi di UI bisa memanfaatkan ajang UI Ultra ini untuk menjadi wadah reuni meningkatkan keguyuban sesame alumni dengan membentuk tim relay angkatan kuliah, tim relay fakultas, tim relay jurusan, tim relay angkatan dan tim relay lintas angkatan dan fakultas UI.” demikian ditambahkan Freddy Hendradjaja, Ketua FEUI Runners.

“Dari UI Ultra 2020 ini diharapkan dapat terkumpul sejumlah dana dari berbagai macam inisiatif dimana dana yang terkumpul akan digunakan untuk misi sosial mendukung pelaksanaan program pendidikan bagi UI dan kegiatan sosial lainnya” dijelaskan oleh Notariza Taher, Komite Penasehat UI Ultra 2020 sekaligus Direktur dari ILUNI FEB UI.

Registrasi untuk mengikuti UI Ultra 2020 ini sudah dibuka secara online di www.uiultra.com sejak tanggal 8 Februari 2020 lalu untuk semua kategori berjarak 70 km, yaitu individu, team relay 2, team relay 5 dan team relay 10. Harga bervariasi per kategori mulai dari Rp 500 ribu untuk individu dan Rp 1 juta sampai Rp 3 juta untuk kategori relay. Total slot lomba adalah 1.800 peserta dan terbatas di setiap kategori.

“Waktu pendaftaran akan kami buka selama 1 (satu) bulan , cukup panjang untuk mengakomodir antusiasme dari para pelari dan komunitas. Total hadiah dari 4 (empat) kategori yang diperlombakan mencapai 150 juta rupiah.” disampaikan oleh Reza.